Saturday, December 22, 2018

Cara Menyebabkan Aplikasi Android Mendukung Multi Screen

Setelah sebelumnya aku telah membagikan tutorial wacana semoga Aplikasi mempunyai sumbangan banyak bahasa.Pada kesempatan kali ini, aku akan membagikan Cara semoga Aplikasi Android Mendukung Multi Screen. Maksud dari Multi Screen ini semoga dikala kita menciptakan Aplikasi Android ibarat di Android Studio. Aplikasi kita dapat mendukung banyak ukuran layar/tampilan dari menyebarkan jenis gadget.Seperti tampilan  Smartphone dan Tablet ,Seperti pada gambar dibawah:


 Setelah sebelumnya aku telah membagikan tutorial wacana semoga Aplikasi mempunyai sumbangan Cara Menjadikan Aplikasi Android Mendukung Multi Screen




Perlu kalian ketahui juga, Android mengkategorikan perangkat layar menjadi dua jenis yaitu : size dan density.  size : ukuran sedangkan density : kepadatan atau kerapatan. Aplikasi Android yang berkualitas pastinya bukan hanya sekedar tema atau kontennya saja. Akan tetapi Aplikasi Android yang berkualitas, yaitu Aplikasi yang mendukung tampilan dari menyebarkan jenis ukuran size dan density. Jadi kalian harus mengoptimalkan tampilan kalian semoga dapat mendukung jenis size dan density yang berbeda.
  • Secara umum size terdiri dari 4 jenis  yaitu : small ,normal ,large,xlarge
  • Begitu juga density terdiri dari 4 jenis yaitu : low (ldpi), medium (mdpi), high (hdpi), extra high (xhdpi)


Membuat layout berbeda jenis

Seperti  halnya pada kalian menciptakan Aplikasi semoga mendukung banyak bahasa ,di sini juga kalian harus menciptakan folder yang berbeda dari folder layout biasanya(maksud : menciptakan folder layout terpisah ) . Untuk  mengoptimalkan Aplikasi kalian semoga mendukung banyak sekali jenis layar,kalian harus menciptakan nama layout unik berbeda tiap xmlnya. Kalian dapat menambahkan nama layout dengan embel-embel - <ukuran layar> . Contohnya seperti res/layout-large/.

ProjectKalian/
    res/
        layout/
            main.xml
        layout-large/
            main.xml

Untuk nama file .xml harus persis sama namun isi kontenya dibentuk berbeda semoga mendukung banyak UI(User Interface) dan juga untuk ukuran layar yang sesuai dengan jenis perangkat.

Contoh lain kalau layar/tampilan kalian mendukung landscape dapat tambahkan nama -land. Seperti dibawah ini:

ProjectKalian/
    res/
        layout/
            main.xml
        layout-land/
            main.xml

Secara default layout/main.xml  digunakan untuk orientasi portrait. (Baca : portrait = vertikal landscape = horizontal).

Jika kalian ingin mengkombinasikan layout khusus untuk landscape, termasuk juga layar besar, maka kalian  perlu memakai embel-embel large dan land sebagai syarat :

ProjectKalian/
    res/
        layout/              # default (portrait)
            main.xml
        layout-land/         # landscape
            main.xml
        layout-large/        # large (portrait)
            main.xml
        layout-large-land/   # large landscape
            main.xml
Membuat bitmap berbeda jenis

Kalian harus menyediakan sebuah resource dengan jenis skala yang benar(baca : resources maksudnya gambar atau materi desain yang berafiliasi dengan tampilan). Seperti yang aku sudah sebutkan tadi,secara umum density terdiri dari 4 ukuran jenis :low, medium, high and extra-high density.

Untuk menghasilkan gambar-gambar ini, kalian harus mulai dengan resources raw(bahan mentah) kalian, dalam format vektor ,untuk menghasilkan gambar untuk setiap density menggunakan skala ukuran berikut:
  • xhdpi: 2.0
  • hdpi: 1.5
  • mdpi: 1.0 (baseline)
  • ldpi: 0.75


Ini artinya dikala kalian ingin menampilkan gambar ukuran 200x200,  untuk perangkat bertipe  xhdpi.Kalian juga harus  menampilkan gambar yang sama dengan ukuran 150x150 untuk perangkat bertipe  hdpi, 100x100  untuk perangkat bertipe mdpi,dan  75x75  untuk perangkat  bertipe ldpi .

Kemudian tempatkan pada file resource drawable ibarat ini:

ProjectKalian/
    res/
        drawable-xhdpi/
            gambar.png
        drawable-hdpi/
            gambar.png
        drawable-mdpi/
           gambar.png
        drawable-ldpi/
            gambar.png

Kaprikornus secara otomatis dikala kalian memanggil  @drawable/gambar,sistem akan menentukan bitmap yang sesuai menurut density layar.






EmoticonEmoticon