Sunday, December 9, 2018

Cara Memakai Ripple Effect Material Design Android

Seperti yang kalian ketahui sejak update OS Android 5.0 Lollipop , aneka macam para developer android yang merubah sisi user interface di Aplikasinya, ke dalam bentuk Material Design. Disamping User Interface nya yang sangat menarik di lihat ,dengan adanya komplemen fitur-fitur lainya yang ada di Material Design. Mengubah User Interface Aplikasi dari yang usang menjadi Material Design terbukti bisa meningkatkan penginstallan dan rating di Google Play Store.

 Seperti yang kalian ketahui sejak update OS Android  Cara Menggunakan Ripple Effect Material Design Android

Pada tutorial berguru android , kali ini kita akan mencoba menerapkan salah satu fitur dari Material Design yaitu Ripple Effect yang dimana fitur ini memungkin kan si user (pengguna), menekan tombol atau sajian  akan muncul dampak menyerupai cipratan air.Disini kita akan memakai library dari salah satu developer android di github. Jika kalian ingin tau kita eksklusif mencoba membuatnya :



1. Pertama buka project Android Studio kalian.

2. Lalu seting dependencies dari build.gradle menyerupai dibawah ini:





3. Lalu kita terapkan widget <com.andexert.library.RippleView> ke dalam file layout activity_main.xml( sebagai contoh) .

copykan instruksi dibawah ini:





4. Kemudian kita coba jalankan Aplikasinya di Android Studio :


 Seperti yang kalian ketahui sejak update OS Android  Cara Menggunakan Ripple Effect Material Design Android
Hasil Ripple Effect Android

Sekilas memang tampak tidak ada sesuatu yang berubah, namun kalau kalian menekan atau menyentuh tombol warna yang ada di dalam aplikasi tersebut. Maka akan muncul Ripple Effect menyerupai cipratan air.





EmoticonEmoticon