Tuesday, November 6, 2018

Belajar Mengenal Codingan Mainactivity Android Java

Seperti yang aku sudah katakan di artikel sebelumnya, untuk membangun sebuah User Interface pada Aplikasi Android. Kita dapat melaksanakan dengan dua cara, pertama membangun secara dinamis,dengan bahasa pemrograman (programatically ex= Java ) dan kedua membangun dengan cara layouting , atau dengan cara statis(XML). Nah pada tutorial berguru android kali ini , kita akan mencoba mengenal Codingan MainActivity Android Java. Pada dasarnya ,jika kalian sudah memahami bahasa kegiatan Java.  Otomatis kalian sudah dapat memahami  codingan logic dari MainActivity.java , Hanya berbeda kumpulan class atau library nya saja ,yang kita kanal dan dipakai ,untuk pengembangan Aplikasi Android. 


 Seperti yang aku sudah katakan di artikel sebelumnya Belajar Mengenal Codingan MainActivity Android Java




Kaprikornus itu lah alasan utama ,kenapa aku menciptakan halaman berguru java , karna kebanyakan orang ,tidak memahami betul konsep dan logikanya ,tentang bahasa pemrograman Java. Memang masih belum tepat ,saya tahu itu ,masih banyak kekurangan disana-sini, tapi setidaknya kalian sudah punya citra atau bayangannya, ihwal bahasa pemrograman Java.


Pertama-tama aku jelaskan ,ke bab ketika kita menciptakan Hello World dulu ,dimana itu masih MainActivity.java kosong. Belum ada objek atau method yang kita buat ,selain method by default(bawaan), untuk menampilkan TextView dari Layout ,pada layar di perangkat Android kita. Perhatikan pola  MainActivity.Java di bawah:

 Seperti yang aku sudah katakan di artikel sebelumnya Belajar Mengenal Codingan MainActivity Android Java
Contoh Empty Activity



Penjelasan:

1. MainActivity.java : Nama codingan file java harus sama dengan nama class. Kaprikornus kalau kalian memiliki nama class MainActivity , codingan file harus sama dengan nama class yaitu MainActivity.java .

2. package com.okedroid.contohaplikasi :  Sebuah alamat direktori dan pengelompokan ,codingan file-file Java. Jika kita sedang berbagi Aplikasi yang Kompleks,kita akan membutuhkan banyak package, yang sesuai dengan ,Aplikasi yang sedang kita kembangkan.


3. import android.os.Bundle;  Kumpulan class atau library dari Bundle dipakai untuk meneruskan atau membagi data, antar Activity ,dan juga Komponen Aplikasi lainya di Android. Yang dimana menyerupai pada gambar diatas ,digunakan untuk menyimpan state ,dari Aplikasi yang sedang di jalankan.

 import android.support.v7.app.AppCompatActivity; Kumpulan class atau library ,yang dipakai untuk mewariskan semua sifat-sifat dari Super Class AppCompatActivity, (Baca : Inheritance), ke dalam Sub Class MainActivity ,dengan cara overriding (Baca : Polymorphism).


4.public class MainActivity extends AppCompatActivity { : Maksudnya ialah kita memiliki Sub Class yang berjulukan MainActivity  dengan keyword extends ,yang dipakai untuk mewariskan sifat-sifat yang ada di dalam Super Class AppCompatActivity. 


5.  @Override
    protected void onCreate(Bundle savedInstanceState) {
        super.onCreate(savedInstanceState);
        setContentView(R.layout.activity_main);


    }

Method onCreate adalah salah satu Method secara default(bawaan) ,yang berasal dari Class AppCompatActivity ,yang dipakai untuk menciptakan Activity pertama kali ,dengan cara overriding ,(Baca : Polymorphism ). Saat Aplikasi dijalankan pertama kali, Berisi tipe data Bundle ,dan juga parameter savedInstanceState. Keyword super  pada Bahasa Permrograman Java ,   berfungsi sebagai variable tumpuan class , yang dipakai untuk rujukan dari Super Class atau Parent class (Baca lebih jelasnya ).setContentView ialah method yang dipanggil , untuk mengkaitkan atau mereferensikan Activity kita ,kedalam desain (XML) yang dimana dalam hal ini ,R.layout.activity_main (Lokasi : resource -> layout -> activity_main.xml )


Jika kalian ingin tahu cara kerja Activity dapat baca : Tips Cara Membuat Log Coding di Android Studio.




//Kurang lebih itu dulu kalau ada kesalahan atau penambahan akan aku update


EmoticonEmoticon