Belajar Cara Memasang Splashscreen Di Aplikasi Android
Splashscreen merupakan start screen(layar pembuka )pada aplikasi android, atau tampilan loading awal , dikala aplikasi android di jalankan untuk pertama kali .Saat aplikasi android dibuat, splashscreeen berkhasiat untuk mempercantik aplikasi android kita supaya terlihat profesional. Umumnya , splashscreen di gunakan untuk menampilkan logo-logo perusaahan, logo-logo nama developer.
Pada tutorial berguru android kali ini , kita akan mencoba menciptakan dan menerapkan Splashscreen pada Aplikasi Android.
1. Pertama buka Project di Android Studio kalian.
2.Siapkan terlebih dahulu gambar kalian, yang akan dipakai untuk Splashscreen.
Sebagai pola aku memakai gambar berikut dengan ukuran 480x800:
![]() |
| Contoh SplashScreen |
3. Kemudian simpan gambar splashscreen, pada folder res/drawable , pada struktur folder project Android Studio kalian.
![]() |
| splashscreen.png |
4.Disini kita akan menciptakan Activity baru, untuk Splashscreen.yang terdiri dari file .java dan file .xml.
Pada folder java ata res kalian sanggup klik kanan pilih New, Pilih Activity ,lalu Empty Activity.
![]() |
| Membuat Activity Baru |
Pada bagian New Android Activity kalian isikan nama activity atau file java dan nama file layout (Terserah kalian). Sebagai pola aku akan menciptakan file class Activity dengan nama Splashscreen.java dan splashscreen.xml
![]() |
| Membuat Activity Splashscreen |
5. Setelah itu salin baris aba-aba (codingan ) di bawah pada file Splashscreen.java dan splashscreen.xml.
splashscreen.xml.
Splashscreen.java
6. Setelah disetting supaya Activity Splashscreen , sanggup dijalankan pertama kali dikala Aplikasi dibuka, maka kita perlu mensetting pada bab file (app/manifest/AndroidManifest.xml).
AndroidManifest.xml.
7. Pada library AppCompatActivity ,agar tampilan Splashcreen menjadi fullscreen ,kita perlu mensetting nya pada bab theme di res/values/styles.xml.
styles.xml
8. Setelah itu kita coba jalankan Aplikasinya lewat Android Studio.
AndroidManifest.xml.
7. Pada library AppCompatActivity ,agar tampilan Splashcreen menjadi fullscreen ,kita perlu mensetting nya pada bab theme di res/values/styles.xml.
styles.xml
8. Setelah itu kita coba jalankan Aplikasinya lewat Android Studio.
Hasilnya sanggup dilihat di Video Demo App berikut :
Baca juga :






EmoticonEmoticon