Belajar Mengenal Rujukan Kegiatan Enumeration Di Java
Enum (Enumeration) yaitu salah satu class library di J2SE (Versi 5) ,yang sanggup kita gunakan, untuk memuat kumpulan variable,yang telah didefinisikan menjadi tipe data konstanta. Setiap objek gres ,yang di definisikan menurut tipe data Enum. Objek tersebut sanggup mengakses atribut atau method(Enum) ,lalu mengaplikasikan nilai atau value yang ada didalamnya. Enum ,bisa juga disebut Array ,namun dalam bentuk konstanta, dan juga bertipe class.
Jika sebelumnya ,kita mendefinisikan nilai pada variable bertipe data konstanta dengan baris per baris. Dengan memakai keyword enum , kita sanggup mengklasifikasikan variable-variable bertipe data konstanta tersebut, di dalam block {}. Pada artikel berguru java kali ini , kita akan mencoba mengenal referensi penggunaan Enum , di bahasa pemrograman Java. Berikut mari kita simak lebih lanjut:
Jika sebelumnya ,kita mendefinisikan nilai pada variable bertipe data konstanta dengan baris per baris. Dengan memakai keyword enum , kita sanggup mengklasifikasikan variable-variable bertipe data konstanta tersebut, di dalam block {}. Pada artikel berguru java kali ini , kita akan mencoba mengenal referensi penggunaan Enum , di bahasa pemrograman Java. Berikut mari kita simak lebih lanjut:
1. Pertama buka IntelliJ IDEA ,atau Software IDE lain yang kalian gunakan , di Komputer atau Laptop kalian.
2. Kalian sanggup pehatikan Contoh code ,beserta penjelasanya di bawah:
Contoh Code:
![]() |
Contoh Code |
Penjelasan :
Pada referensi code agenda di atas ,kita menciptakan class enum ,yang berjulukan Hari , di dalam class MainClass , yang terdiri dari kumpulan variable konstanta dari nama-nama hari , dimulai dari hari SENIN hingga MINGGU.
Selanjutnya ,pada baris code di atasnya , kita menciptakan variable referensi hari , kemudian menciptakan constructor milik MainClass.
Setelah itu , pada method main , disini kita mengeksekusi programnya ,dengan cara menciptakan dan menginstansi objek gres , kemudian memanggil method .tampilHari().
Output :
![]() |
Output Hasil |
Contoh Code lainya:
Binatang.java
![]() |
Contoh Code |
Penjelasan :
Pada referensi code agenda di atas ,kita mendeklarasikan variable nama , kemudian kita menciptakan constructor milik class enum Bintang ,agar kita sanggup mendefinisikan nilai ,pada tiap variable konstanta di class enum. Contoh codenya ibarat : ANJING("Alexy") ,KUCING("Bleky"),CICAK("Coky");
Selanjutnya ,kita menciptakan method getter yaitu .getNama() , untuk mengambil nilai pada tiap variable konstansta di class enum , ibarat Alexy , Bleky ,dan Coky.
Lalu kita menciptakan method .toString() , untuk mengkonversi nilai objek dari class Enum, menjadi tipe data string.
MainClass.java
![]() |
Contoh Code |
Penjelasan :
Pada referensi code agenda di atas ,kita akan mencoba mengeksekusi atau menjalankan programnya
Pertama kita menciptakan variable referensi yaitu binatang , untuk variable konstanta di class enum.
Selanjutnya , kita memakai switch , untuk memilih nilai output.
Disini untuk menampilkan output dari konversi method .toString() , kita gunakan code Binatang.ANJING
Lalu untuk mengambil atau menampilkan nilai , dari tiap variable konstanta di class enum , kita memanggil method getNama().
Untuk menampilkan nama variable dari class enum , kita sanggup gunakan method .name().
Setelah itu ,untuk mendapat turunan class enum , dari nilai string yang ditentukan , kita gunakan method .valueOf().
Ouput :
![]() |
Output Hasil |
EmoticonEmoticon