Belajar Mengenal Referensi Class Dan Object Di Kegiatan Java
Seperti yang kita tahu , Java yaitu salah satu bahasa pemrograman di komputer ,yang memakai konsep OOP(Object Oriented Programming) , atau jikalau kita terjemahkan ke dalam bahasa Indonesia ,menjadi Pemrograman berorientasi objek.
Nah ,konsep OOP ini terdiri dari 4 bab , yaitu mirip : Inheritance , Polymorphism , Encapsulation , dan Abstraksi. Disini kita tidak akan membahas keempat bab tersebut , alasannya yaitu sudah dijelaskan di artikel sebelumnya. Namun ,kita akan membahas salah satu pondasi dasarnya ,dari konsep ini ,yaitu wacana Class dan Object.
Pada artikel mencar ilmu java kali ini ,kita akan mencar ilmu mengenal Class(Kelas) dan Object(Objek) , dengan membahas rujukan sederhanya ,di kehidupan sehari-hari ,begitu juga rujukan penggunaanya di bahasa pemrograman Java. Selengkapnya ,berikut mari kita simak lebih lanjut :
A). Apa itu Class di Java?
Apa itu Class di Java? |
Pengertian Class yaitu sebuah kerangka/model (blueprint) atau bentuk awal (prototype), yang berfungsi untuk kawasan menaruh, dan mendeksripsikan variabel, method (perilaku ) dari sebuah obyek. Penamaan nama class diprogram ,harus sama dengan nama di struktur file extention .java jadi jangan salah.
Contoh sederhana yang sanggup kita ambil, dari kehidupan konkret sehari-hari dari Class adalah: sebuah pengkategorian ,seperti class Binatang , Mobil, Manusia ,Buah ,dan lain sebagainya.
Sebenarnya , jikalau kita definisikan lagi , Class itu yaitu template atau blueprint.
Mengacu definisi dari kata blueprint itu sendiri ,menurut kamus oxford dictionary , yaitu : "Sesuatu yang bertindak sebagai rencana, model, atau template untuk orang lain".
Contoh blueprint desain kendaraan beroda empat dan rumah |
Kaprikornus untuk menciptakan dan menyebarkan software aplikasi ,menggunakan bahasa pemrograman Java ,kita membutuhkan kumpulan ribuan class ,yang dinamakan Java Class Library , yang satu paket ketika kita menginstall dan setting PATH JDK(Java Development Kit) di Komputer atau Laptop ,yang biasa kita gunakan.
Berapa banyak jumlah Class di Java Class Library ?
Jika berdasarkan balasan , dari seorang user atau pengguna yang menanyakan di stackoverflow yaitu :
- 6005 di java 9
- 4240 di java 8
- 4024 di java 7
- 3793 di java 6
- 3279 di java 5.0
- 2723 di java 1.4.2*
- 1840 di java 1.3.1*
Selengkapnya bagi kalian yang ingin, melihat isi seluruh class Java yang ada , kalian sanggup kunjungi linknya disini (All Classes).
Oke ,sekarang kita sudah tahu definisi dari sebuah class ,contoh-contohnya ,class library , dan berapa jumlah class yang ada. Sekarang kita akan coba mengenal komponen-komponen , dari suatu class secara umum ,saat kita memulai menciptakan suatu program.
Komponen-komponen Class di Java:
Contoh Code :
Contoh Penggunaan Class Secara Umum |
- Modifier : Sebuah class ,secara default memakai modifier public.
- Nama Class : Saat kita mendeklarasikan sebuah class ,sesuai dengan naming convention . Penggunaan namanya di awali karakter besar ,mengikuti pola CamelCase.
- Super Class : Ini yaitu optional ,tergantung kebutuhan kalian , ketika menciptakan program. Kita mewariskanya ,dengan keyword extends ,untuk pewarisan.
- Interface : Ini juga optional ,tegantung kebutuhan kalian , ketika menciptakan progam. Kita sanggup memakai ,method-method yang ada di interface, memakai keyword implement.
- Body : Ini yaitu tubuh ,atau ruang lingkup dari suatu class yang dibatasi oleh simbol kurung kurawal {}.
B). Apa itu Object di Java?
Pengertian Object yaitu sebuah representasi dan instansi dari Class. Object merupakan sebuah inti dan wujud real dari sebuah Class. Object adalah unit dasar pemrograman berorientasi objek , yang mewakili seluruh entitas di kehidupan nyata.
Object itu menyerupai sebuah produk jadi yang konkret ,di kehidupan sehari-hari ,kita selalu dikelilingi benda-benda, mirip komputer ,lemari ,tempat tidur ,pakaian , jam , dan lain sebagainya ,yang sanggup kalian.
Jika kita kaitkan dengan rujukan blueprint desain, pada gambar di atas dari definisi suatu class. Bayangkan jikalau ,kita yaitu orang yang menciptakan dan merancangnya , berarti tujuan kita memakai blueprint tersebut , untuk menciptakan ?
Oke kini kita sudah tahu ,pengertian dan rujukan dari suatu objek. Sekarang kita fokus mengenal ciri-ciri dari sebuah objek , di bahasa pemrograman Java.
Contoh ciri-ciri objek :
Objek terdiri dari :
Saat kita mendeklarasikan sebuah variable mirip (jenis nama;) . Ini akan memberi tahu compiler, bahwa kita akan memakai nama ,untuk merujuk ke data yang sesuai dengan tipenya. Seperti pada rujukan code berikut :
Jika kita kaitkan dengan rujukan blueprint desain, pada gambar di atas dari definisi suatu class. Bayangkan jikalau ,kita yaitu orang yang menciptakan dan merancangnya , berarti tujuan kita memakai blueprint tersebut , untuk menciptakan ?
Contoh objek kendaraan beroda empat dan rumah |
Oke kini kita sudah tahu ,pengertian dan rujukan dari suatu objek. Sekarang kita fokus mengenal ciri-ciri dari sebuah objek , di bahasa pemrograman Java.
Contoh ciri-ciri objek :
Contoh ciri-ciri objek |
Objek terdiri dari :
- Identitas : Memberikan nama unik pada suatu objek ,yang memungkinkan satu objek berinteraksi dengan objek lain. Contoh donasi nama unik objek : santi
- State(Atribut) : Merupakan sebuah unsur data ,yang mencerminkan sifat-sifat suatu objek. Atribut biasanya terdiri dari sebuah data,variabel,propertie dan field. Atribut sanggup juga disebut state dari objek tersebut. Contoh dari suatu atribut : Umur, Jenis Kelamin ,dan Tinggi Badan.
- Behavior(Method) : Merupakan sebuah sikap dari suatu objek ,yang juga merespon suatu objek dengan objek lain. Contoh dari suatu behavior : Bernyanyi , Makan ,dan Berjalan.
Kalian sanggup bayangkan sendiri rujukan lainnya ,selain yang sudah dijelaskan di atas. Karena ada berbagai rujukan , yang sanggup kita ambil dunia konkret , seolah tak terbatas jumlahnya.
Mendeklarasikan objek di Java
Seperti yang kalian lihat pada rujukan gambar di bawah. Ketika sebuah objek dari class dibentuk , sanggup disebut juga instansiasi(dipakai) class. Semua instansi (santi , andi,budi,cici), akan membagikan atribut dan method ,dari class.
Tetapi nilai-nilai dari setiap state atau atribut , bersifat unik untuk setiap objek. Satu class sanggup mempunyai banyak instansi ,tergantung kebutuhan.
Tetapi nilai-nilai dari setiap state atau atribut , bersifat unik untuk setiap objek. Satu class sanggup mempunyai banyak instansi ,tergantung kebutuhan.
Mendeklarasikan objek |
Saat kita mendeklarasikan sebuah variable mirip (jenis nama;) . Ini akan memberi tahu compiler, bahwa kita akan memakai nama ,untuk merujuk ke data yang sesuai dengan tipenya. Seperti pada rujukan code berikut :
Contoh code |
Jika kita mendeklarasikan variable(santi) mirip rujukan code di atas. Nilai di dalam variable tersebut , belum ditentukan , atau biasa disebut null ,sampai sebuah objek benar-benar dibentuk ,dan ditetapkan. Kaprikornus hanya mendeklarasikan variable referensi,bukan berarti itu menciptakan objek.
Menginisialisasi objek di Java
Contoh Code :
Contoh Code |
Output :
Output Hasil |
Penjelasan :
Pada rujukan code kegiatan di atas ,kita mendeklarasikan Class ,yang berjulukan Anak, yang berisi Constructor. Seperti yang sudah dijelaskan ,di artikel sebelumnya ,Constructor yaitu method khusus ,yang tidak mempunyai kembalian, dan juga namanya harus sama dengan class.
Di dalam constructor ,kita mendeklarasikan , parameter di dalamnya , serta memakai keyword this ,untuk membedakan variable instansi dengan variable lokal.
Selanjutnya ,kita memakai method getter ,yaitu .getNama() , getUmur() , dan getJenisKelamin()
yang digunakan untuk memanggil nilai dari suatu atribut.
Mungkin sebagian dari kalian ,ada yang bertanya-tanya ,darimana asal method .toString() , ko ada Annotations override , padahal class Anak ,tidak mewariskan (extends) Super Class.
Perlu kalian ketahui , di bahasa pemrograman Java ,saat kita menciptakan suatu class gres , apapun namanya. Secara belakang layar tak terlihat ,kita bekerjsama , telah mewariskan (extends) class yang berjulukan Object ,yang lokasi class librarinya, berada di java.lang.Object.(baca lebih lanjut)
Object yaitu induk dari semua class , yang ada di bahasa pemrograman java ,baik secara eksklusif dan tidak langsung.
Terdapat beberapa method ,yang tersedia di class Object ,kalian sanggup perhatikan lebih jelasnya pada gambar di bawah:
Seperti yang kalian sudah lihat , pada gambar di atas. Kaprikornus fungsi method .toString() ini, untuk mengembalikan representasi nilai-nilai string objek.
Setelah itu kita menciptakan dan menginisialiasi nilai objek , dengan 3 nilai argument , yaitu "Santi " , 17 dan ,"Perempuan".
Lalu kita tampilkan output jadinya ,dengan memanggil method santi.toString()
Saat di sanksi hasil statementnya, jikalau dilustrasikan akan menjadi mirip :
Semua class gres mempunyai setidaknya 1 constructor. Jika kita tidak secara eksplisit memilih nilai argument apa pun , compiler java secara otomatis menyediakan constructor tanpa argument, atau sanggup disebut juga constructor default.
Cara menciptakan objek dari suatu class di java :
Perlu kalian ketahui , di bahasa pemrograman Java ,saat kita menciptakan suatu class gres , apapun namanya. Secara belakang layar tak terlihat ,kita bekerjsama , telah mewariskan (extends) class yang berjulukan Object ,yang lokasi class librarinya, berada di java.lang.Object.(baca lebih lanjut)
Object yaitu induk dari semua class , yang ada di bahasa pemrograman java ,baik secara eksklusif dan tidak langsung.
Terdapat beberapa method ,yang tersedia di class Object ,kalian sanggup perhatikan lebih jelasnya pada gambar di bawah:
Contoh method class library java.lang.Object |
Seperti yang kalian sudah lihat , pada gambar di atas. Kaprikornus fungsi method .toString() ini, untuk mengembalikan representasi nilai-nilai string objek.
Setelah itu kita menciptakan dan menginisialiasi nilai objek , dengan 3 nilai argument , yaitu "Santi " , 17 dan ,"Perempuan".
Lalu kita tampilkan output jadinya ,dengan memanggil method santi.toString()
Saat di sanksi hasil statementnya, jikalau dilustrasikan akan menjadi mirip :
Contoh gambaran menciptakan dan menginisialiasi objek |
Semua class gres mempunyai setidaknya 1 constructor. Jika kita tidak secara eksplisit memilih nilai argument apa pun , compiler java secara otomatis menyediakan constructor tanpa argument, atau sanggup disebut juga constructor default.
Cara menciptakan objek dari suatu class di java :
Syntax cara menciptakan objek gres di suatu class |
Di java kita memakai operator atau keyword new , untuk menciptakan objek baru, kemudian mengalokasikan memori untuk objek ,yang akan ditangani ketika run time (program di jalankan)
Pada rujukan code di atas ,kita memakai "andi" sebagai variable referensi, dari class Anak.
Lalu "new Anak()" , yaitu objek yang sebenarnya. Lebih tepatnya lagi , akan mengalokasikan memori untuk menciptakan objek.
EmoticonEmoticon